Senin, 02 Desember 2013

Bagaimana Kabar Mimpi-Mimpi Kita? (Bersama Tuhan Dalam Pelukan Doa) Bagian 2

Mungkin ibuk saya dan satu teman yang saya anggap saudara saya sendiri, Teknik Mesin ITS’09 sangat mengetahui bagaimana perasaan saya saat itu. Tangis menjadi satu dengan kata ‘seandainya-dan seandainya’, hinggal Allah kemudian mencoba menenangkan hati saya dengan memberikan kabar bahwa Indeks Prestasi Kumulatif saya mengalami PENINGKATAN menjadi 3,7 sekian.... Saya tidak pernah menduga bahwa target dan hasil yang Allah inginkan di luar dari prediksi saya yang tidak mencapai angka sebesar itu. Lalu nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?

Semua itu merupakan ringkasan kisah saya di semester 4 sebagai mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Brawijaya. Dan,,, Jrenggg---jreennggggggg... Selamat Datang di Semester Lima. Ada momen yang tidak terlupakan di awal semester lima di penghujung semester empat. Iya, saat saya dinyatakan lolos dalam Konferensi Ilmuwan Muda Indonesia Tulisan Untuk Negeri Universitas Indonesia 2013. Wellcome again Depok. Ini merupakan kali kedua saya pergi ke kampus kuning. Bersama dengan para mahasiswa fakultas EKSAK kami berkompetisi dalam KIMI UI’13. Saya yang notabene berasal dari bidang pendidikan humaniora, hanya mengandalkan kemampuan otodidak saya. Masih sangat ingat, satu kalimat yang saya gunakan untuk menjawab pertanyaan dari juri adalah ‘INDONESIA DIBANGUN DARI DESA’. Pernyataan itulh yang saya anggap diselipi doa dari seluruh penduduk desa di Indonesia hingga akhirnya di Malam puncak penganugerahan para ilmuwan, karya saya dan keempat rekan saya mendapatkan POSISI TERBAIK SEBAGAI JUARA PRESENTASI POSTER BIDANG KONSERVASI LINGKUNGAN KONFERENSI ILMUWAN MUDA INDONESIA UNIVERSITAS INDONESIA 2013. Allahu Akbar!!! Mungkin itulah kali pertama saya menangis ketika Tuhan dengan sangat pemurah dan yakin menjadikan saya dan teman-teman saya orang-orang yang beruntung. Melalui kompetisi inilah, saya merasa dipertemukan dengan berbagai media berita dan dari sinilah saya berani memulai. SAYA SEMAKIN YAKIN ALLAH MEMBERI PORSI YANG SAMA DALAM MEMURAHKAN KESEMPATAN, DALAM MEMBERIKAN HADIAH, DAN DALAM MEMBERI COBAAN BAGI SEMUA HAMBANYA. Menunduk bahwa kita masihlah kecil merupakan HAK MUTLAK ALLAH. Akhirnya saya bisa dengan riangnya naik bajaj dan mengunjungi beberapa lokasi yang menjadi ciri khas ibukota negara saya INDONESIA.

Jadilah pendengar yang baik!!! Saya tidak menyangka ide saya setelah mendengarkan presentasi salah satu peserta KIMI UI tentang hutan, menggugah hati saya untuk mulai SEMAKIN MENYAYANGI NGAWI. Iya, kabupaten di mana saya dilahirkan. Kabupaten yang dengan ikhlas mau saya kotori dengan darah yang pertama kali ibu saya keluarkan untuk melahirkan saya. Ngawi, yang katanya hanya jadi tujuan transit bukan tujuan utama jika hendak menuju kota Solo, Yogyakarta dan sekitarnya. Dengan semangat lebih membara deari biasanya saya mulai semakin yakin mengenal Ngawi dengan lebih dekat, tentunya dengan tulisan. TEPAT!!! Saya menggali ide kreatif dan inovatif saya bersama kedua rekan saya untuk menjadikannya sebuah karya tulis bermanfaat bagi sekitar, kemudian mengikutkannya ke Festival Ilmiah Mahasiswa UNS 2013. Masih nyata diingatan saya ketika tahun 2012 saya harus menerima kebelumberuntungan saya dalam kompetisi tersbeut, dan subhanallah dengan sentuhan Kun Fayakun saya dan ketiga teman saya berhasil menjadi JUARA 1 FILM UNS 2013. Allahu akbar!!! Sujud syukur di depan, ini meruapakn rencanaNya, bukan rencana kami. Bagaimana tim kami begitu PESIMIS dengan lawan-lawan berkarya TEKNOLOGI DAN PENGEMBANGANNYA. Kamu tidak akan pernah tahu seberapa besar cintaNya untukmu, kamu hanya perlu lebih mencintaiNya, dengan cinta termewahmu.

Mungkin kalimat bergaris miring itulah yang semoga Allah dengar tentang perasaan saya kepadaNya. Mungkin saya bukanlah anak Unit Kerohanian Islam yang mungkin lebih tahu cara mengekspresikan rasa cinta kepadaNya, tapi saya memilik cara tersendiri dalam mencintaiNya, dengan upaya menuju cara yang sebenar-benarnya. TIDAK ADA PENGHAKIMAN UNTUK SETIAP KEYAKINAN. Itulah yang juga mendorong saya untuk bergerak lebih banyak menuju cerita-cerita yang saya inginkan menjadi kenangan pahit dan manis bagi saya, keluarga saya, dan masa depan serta tua saya. Saya bersama kedua rekan saya memodifikasi dan mengembangkan karya yang akhirnya menjadi karya terbaik dengan penobatan JUARA 1 GANESA FORDIMAPELAR UB DAN IKATAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENALARAN MAHASISWA INDONESIA (ILP2MI) 2013.  Saya seakan tidak dapat berkata apapun malam itu, hanya perasaan-perasaan luar biasa yang membeku menjadi satu bersama dengan semakin cintaNya saya kepada Sang Maha Pembuat Keputusan.

Dan hari ini saya dengan sadar tidak pernah ragu melabuhkan semua mimpi-mimpi saya kepadaMu. Satu poin yang harus saya klarifikasi dalam perjalanan saya yang masih begitu panjang (Aminnn), bahwa dalam kehidupan ada sesuatu yang harus kita KORBANKAN, itu saya rasakan dengan sadar, mengorbankan bukan berarti tidak pernah mendoakan yang terbaik. Mengorbankan bukan berarti saya tidak lagi peduli. Saya memiliki cara saya sendiri untuk selalu berharap yang terbaik. Semoga tidak ada yang tersakiti dan Allah akan memahamkannya pada kita.

Finally... I think enough.Masih banyak kisah-kisah yang belum saya ceritakan pada teman-teman pembaca setia blog saya yang InsyaAllah tetap akan istiqomah (Sempat sedikit tergoda untuk pindah kepada tumblr sih)... heheeee... Untuk dokumentasi cerita saya, kisah-kisah yang belum saya ceritakan, akan saya susulkan pada episode selanjutnya yakkkk... Hari ini saya harus menjumpai kembali bapak dosen tersepuh dan terunik dalam kuliah Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Bapak Aboe Dhari. Semoga bermanfaat buat para pembaca, TUHAN ADALAH ARSITEK TERBAIK DALAM KEHIDUPAN KITA, KAMU TIDAK PERLU MERAGUKAN, CUKUP YAKINI DAN EKSEKUSI SEMUA MIMPI-MIMPI KAMU, PELAN-PELAN KAMU RASAKAN TUHAN SEDANG MEMELUK MIMPI-MIMPIMU DAN MEMBANTU MERAIHNYA.

Semangat Desember J
Wassalamu’alaikum warahmatullah wabaraktuh

4 komentar:

  1. selamat, selamat, selamat
    maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan

    BalasHapus
  2. Terima kasih kakak kelas SMP saya :)
    Dialah Ar-Rahman dan Ar-Rahim :)

    BalasHapus
  3. sama-sama.
    kok SMP? aku tidak punya ijasah SMP, adanya ijasah MTs.
    SMP ≠ MTs lho ya. :)

    BalasHapus
  4. Ups :) Salah sebut merk, yang tepat Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedunggalar Ngawi :)

    Siap-siap kak, baru ngeh :D

    BalasHapus